Langsung ke konten utama

Komponen Dan Disiplin Keilmuan Ilmu Hubungan Internasional

Setiap ilmu(sebagai kumpulan atau himpunan pngetahuan yang terarah dan terpadu) terdiri atas 5 unsur yakni;

1.       Asas-asas

2.       Sistem dan sistematika(keilmuan)

3.       Model dan paradigma

4.       Dalil-dalil dan konsep-konsep

5.       Teori-teori

Contohnya dalam Ilmu politik terdiri atas : asas-asas ilmu politik, sistem politik, model dan pendekatan politik, dalil-dalil ilmu politik, dan teori-teori politik. Begitupulah dengan ilmu-ilmu lainnya, dan juga hubungan internasional.

Asas adalah suatu pernyataan yang sudah diakui secara general tentang kenyataan dalam hubungan atau interaksi satu sama lain(diantara makhluk hidup dan makhluk hidup, antara makhluk hidup dan benda-benda, dan dengan lingkungan alam, sampai antara benda-benda dengan benda). Asas ialah bisa diaplikasikan untuk menganalisis rangkaian gejalah-gejalah. Contoh “asas” yakni, setiap logam yang dipanaskan akan memuai, setiap aksi akan memancing adanya reaksi, setiap stimulus akan memancing adanya respon, setiap perjanjian yang dibuat atas dasar kesepakatan bersama antara para pihak tentu akan ditaati (pacta sunt servanda), seserorang tidak boleh dua kali dikenakan/ dijatuhi hukuman untuk perbuatan atau kesalahan yangsama (nebis in idem), setiap makhluk hidup membutuhkan adanya interaksi (sosial) satu sama lainnya, atau hasrat untuk bernegosiasi.

Sistem merupakan tatanan tentang hal-hal atau gejalah-gejalah yang saling berhubungan satu sama lain  sebagai suatu keseluruhan atau merupakan suatu kebetulan(keterpaduan). Analogikan sistem itu sebuah mobil. Serangkaian peralatan mobil tidak dapat bekerja tanpa adanya subsitem pembakaran yang menyangkut keberadaan bahan bakar dan busi yang berfungsi untuk menkonversu bahan bakar menjadi tenaga penggerak atau suatu sistem pembakaran yang baik bagi mesin memerlukan adanya rangkaian kerjasama serta pembagian tugas dan wewenang bagi aparatur pemerintah baik di pusat maupun di daerah.

Model merupalam penyusunan atau penjelasan data ke dalam suatu pola yang mengikuti bentuk tertentu, yang sedapat-dapatnya sesuai dengan bentuk asli atau konkrit, dalam rangka usaha memahami atau menyelami seluk beluk permasalahan yang diteliti. Prosesnya adalah bahwa data yang dimasukkan ke dalam suatu bentuk menyerupai kondisi aslinya. Ini disebut model. Lalu data diolah melalui  pengujian dan pengukuran terhadap model yang dipilih dan digunakan itu. Contohnya dalam hubungan internasional ada rational actor model, balance of power model dan lain-lain.

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hambatan Amerika Serikat terhadap CHINA terkait perang dagang

(jangan lupa ikutkan credit kalo mengambil referensi disini) Dengan ambisi China dalam menguasai perdagangan dengan kerangka Belt and Road Initiative (BRI) menjadi ancaman tersendiri bagi Amerika Serikat. Amerika Serikat tidak tinggal diam melihat bagaimana China membangun jalur perdagangan yang pada akhirnya akan menguasai perekonomian dunia ditambah dengan populasi yang ada di negara-negara yang dilalui oleh jalur sutra China. Amerika Serikat dibawah kepemimpinan Donald Trump berusaha mempertahankan dominasi Amerika Serikat dalam setiap aspek dalam semua aktivitas global salah satunya yaitu di perekenomian.   Dengan klaim yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat bahwa adanya kerugian yang dialami oleh Amerika Serikat selama menjalin hubungan perdagangan dengan China hingga mengeluarkan kebijakan untuk menambah tarif untuk produk asal China. Hambatan perdagangan yang diberikan pemerintah Amerika Serikat kepada China secara garis besar ada dua yaitu, memberikan tariff tambahan un

geopol IR

Tugas mandiri Geopolitik Nama               : Suraya Stambuk          : 45 14 023 014 Ilmu Hubungan Internasional 1.      Wawasan nusantara dalam konteks geopolitik Wawasan nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensi yang serba terhubung serta pemekarannya ditengah-tengah lingkungan tersebut berdasarkan asas nusantara. [1]  Sedangkan geopolitik menurut saya sendiri adalah suatu cara pandang terhadap lingkungan (darat, laut, udara) dalam rana pengambilan keputusan disetiap negara. Tapi beberapa ahli dunia juga mengeluarkan pandangannya sendiri mengenai geopolitik dan saya mengambil yang sedikit banyak ada yang dapat diterapkan di Indonesia. Friedrich ratzel(1844-1904) dengan teori space. Menyatakan “bangsa berbudaya akan membutuhkan sumber budaya  manusia yang tinggi dan akhirnya mendesak wilayah primitive bangsa. Lain lagi dengan Alfred T. Mahan mengatakan “lautan kehidupan, ada banyak sumber daya alam dilaut. Ol

cerita hari ini

  Sedikit ini bercerita tapi malas untuk mengambil pena ataupun buku jurnal. Dan aku berusaha memahami orang lain dan sejujurnya tidak bisa mungkin pemikiranku dan dia sama sekali tidak sama. Oke mari bercerita tentang ku saja dan ini perasaan pribadiku dan pendapat orang lain perlu namun bagiku itu semua bullshit. Hhaahahahha Punya lingkaran pertemanan tapi itu munafik atau bahasa kerennya sekarang itu toxic. Hahah ya toxic. And then I am in the middle of it. But I trying to push myself to survive. Oke I need this circle because I don’t have place to going but I will repay what they give me but not in my own friendship. I know they like to help me but I am not feel that. Sometime I feel like they not   recognize me as one of them. Why I talking like that? Because there are several experiences I have been pass through. For example they was went to lunch together but not ask me to join with them and I don’t the event if not one of the give protess and feel like she not one of them.